rumbletc.com

Bisakah Latihan Boxing Membantu Kita Menurunkan Berat Badan?

Boxing untuk menurunkan berat badan

Salah satu olahraga yang mulai banyak diminati oleh masyarakat saat ini adalah boxing atau tinju. Olahraga ini dipilih karena bisa menguras keringat, membangun otot dengan mudah, hingga bisa memperbaiki stamina.

Saat melakukan latihan boxing dengan durasi sekitar satu jam, tubuh akan membakar kurang lebih 800 kalori. Jumlah ini cukup lumayan jika dibandingkan dengan olahraga jenis lain seperti angkat beban atau mungkin jogging.

Nah, terlepas dari semuanya, sebenarnya sering melakukan sesi boxing bisa membantu menurunkan berat badan gak sih? Bisa menunjang program diet yang dilakukan gak ya? Yuk, kita bahas selengkapnya.

Alasan Melakukan Latihan Boxing

Setiap orang pasti memiliki alasan mengapa mereka melakukan olahraga, termasuk boxing. Salah satu alasan yang paling banyak dipakai adalah ingin lebih sehat dan bugar. Dengan olahraga, tubuh akan menjadi lebih kuat dan membuat kita semua tidak sakit-sakitan.

Lebih lanjut, olahraga juga dilakukan karena beberapa orang ingin menurunkan berat badan. Dalam hal ini, mereka yang memiliki kelebihan berat badan atau obesitas dipakai untuk menambah pembakaran kalori.

Kira-kira kamu latihan boxing karena alasan apa, guys?

Apa yang Terjadi Saat Latihan Boxing?

Saat sedang melakukan boxing dengan intensitas tinggi, kamu membakar setidaknya 800 kalori dalam waktu satu jam. Artinya, tubuh membakar cukup banyak kalori di dalam tubuh saat itu. 

Jika kamu makan lebih rendah dari kalori harian, tubuh akan mengalami defisit. Bahkan, saat kamu makan sesuai kalori harian pun tetap akan defisit. Jika tubuh tidak bisa mendapatkan asupan kalori lagi dari makanan, cadangan lemak di tubuh kemungkinan akan dipakai.

Lebih lanjut, saat melakukan boxing, hampir semua otot di tubuh akan dilatih. Artinya kamu seperti melakukan full body workout. Ini bisa memaksimalkan pembakaran kalori dan bisa meningkatkan metabolisme secara maksimal.

Bisakah Boxing Membantu Menurunkan Berat Badan?

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, saat melakukan boxing atau tinju, pembakaran kalori di tubuh jadi lebih banyak. Selain itu, metabolisme juga akan mengalami peningkatkan. Artinya, peluang untuk membantu menurunkan berat badan akan tinggi.

Dari studi yang dilakukan, boxing terbukti membantu menurunkan berat badan dan lingkar pinggang. Setidaknya ada penurunan lingkar pinggang sebanyak 6,6 cm dan dan rata-rata penurunan BB sebesar 5 kg setelah menjalani program.

Program ini dilakukan dengan latihan selama 50 menit per sesi, 4 kali seminggu. Pengukuran dilakukan dengan jeda empat bulan. Dalam studi ini tidak diketahui ada intervensi pola makan dan hanya memaparkan latihan boxing saja.

Hasil yang didapatkan mungkin akan bervariasi dan tergantung dengan durasi dan intensitas latihan. Jadi, sesuaikan kondisi fisik dengan latihan yang dilakukan. Dengan begitu, kamu bisa memaksimalkan penurunan berat badan yang dilakukan.

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Latihan 

Satu hal penting yang harus benar-benar diperhatikan saat kamu melakukan boxing adalah istirahat. Setidaknya ada jeda setiap melakukan dua sesi latihan intens. Jika latihannya cukup bervariasi dan intensitasnya naik turun, bisa dilakukan harian dan saat akhir pekan harus rest.

Saat kamu terobsesi untuk melakukan latihan secara rutin dan tidak mengindahkan istirahat, justru tubuh yang akan dikorbankan. Kemungkinan mengalami cedera akan tinggi. Ini bisa menyebabkan masalah dan bisa saja kamu tidak bisa latihan lagi.

Untuk memaksimalkan penurunan berat badan, pola makan harus dijaga. Jangan sampai tubuh kamu makan kalori terlalu rendah. Ini bisa menyebabkan kamu lemas saat latihan, penurunan BB jadi stuck, dan ada kemungkinan otot kamu hilang.

Ternyata latihan boxing yang dilakukan secara rutin dan konsisten bisa bantu kamu menurunkan berat badan. Apalagi olahraga ini berjenis full body workout yang bisa menyasar semua otot di tubuh. Jadi, peluang membantu kamu memaksimalkan diet juga tinggi.

Namun, tetap perhatikan prosedur olahraga yang tepat ya. Jangan melakukan boxing berlebihan agar tidak menyebabkan cedera. Jika kamu ingin dibimbing latihan tinju dengan tepat dan ditangani coach yang berpengalaman, yuk gabung ke Rumble Training Camp.

Kami hadir di empat tempat loh. Jika berada di Surabaya bisa langsung datang ke camp yang ada di Klampis, Laves, dan Citra Land. Sebaliknya jika berada di Malang, bisa datang ke cabang kami yang ada di Jalan Raya Langsep. Yuk, ditunggu buat latihan bareng.

Bagikan :

Email
Facebook
WhatsApp
X
Muay Thai
Manfaat Muay Thai untuk Kesehatan Mental
Home Events & Promo Manfaat Muay Thai untuk...
latihan tinju setiap hari
Boleh Gak Sih Latihan Tinju Dilakukan Setiap Hari?
Home Events & Promo Boleh Gak Sih Latihan Tinju...
Boxing untuk menurunkan berat badan
Bisakah Latihan Boxing Membantu Kita Menurunkan Berat Badan?
Home Events & Promo Bisakah Latihan Boxing Membantu...
MMA Mix Martial Arts
Apa Itu Mixed Martial Arts (MMA)? Panduan untuk Pemula
Home Events & Promo Apa Itu Mixed Martial Arts...
Tinju untuk pemula
7 Persiapan Penting Sebelum Belajar Boxing untuk Pemula
Home Events & Promo 7 Persiapan Penting Sebelum...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *